Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
SMA BPI 1 BANDUNG
SMA BPI 1 BANDUNG
11 April 20211st Runner Up Puteri Kebudayaan Jawa Barat
05 April 2021Juara 1 Gojek Sahabat Sekolah 3.0
05 April 2021IAYP Dafa Naufal
05 April 2021POSI 2021
05 April 2021Medali Emas ISTEC 2021
03 April 2021PEMENANG PUTERI REMAJA JAWA BARAT SOSIAL MEDIA 2021
31 Maret 2021STEM PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SMA BPI 1
31 Maret 2021ANTUSIAS SISWA DALAM MENGIKUTI UJIAN PRAKTIK PADA MASA PANDEMI DI SMA BPI 1
28 Maret 2021Gowes Bareng Alumni
26 Maret 2021Sosialiasi RKJM
24 Maret 2021Webinar Psikotes Kelas X
22 Maret 2021SMA BPI 1 Lolos SNMPTN
19 Maret 2021Doa Bersama Kelas XII
17 Maret 2021BERITA DUKA
16 Maret 2021PTS & PRA US
16 Maret 2021PEMUDA DAN TANTANGAN BONUS DEMOGRAFI MENUJU INDONESIA EMAS TAHUN 2045
10 Maret 2021JUARA 2 LOMBA VLOG BAHASA JEPANG TINGKAT NASIONAL
10 Maret 2021CARA BELEJAR EFEKTIF BUAT AKU: “DIBUAT NOVEL AJA”
10 Maret 2021BERSAHABAT DENGAN TEKNOLOGI DALAM MENCERDASKAN NEGERI
10 Maret 2021Digitalisasi Pendidikan dalam Masa Pandemi
09 Maret 2021Hari Musik Nasional
03 Maret 2021Psikotes Virtual Kelas X
01 Maret 2021TOEFL Kelas X
25 Februari 2021ESQ Kelas X
24 Februari 2021MEDALI EMAS "OLIMPIADE GEOGRAFI" TINGKAT NASIONAL
24 Februari 2021JUARA 2 STORY TELLING CONTEST "ENGLISH FESTIVAL 2021"
24 Februari 2021JUARA 3 LOMBA JINGLE "SAHABAT SEKOLAH 3.0"
24 Februari 2021JUARA 2 SINGING CONTEST "ENGLISH FESTIVAL 2021" TINGKAT NASIONAL
24 Februari 2021Bimbingan Portofolio SMA BPI 1 Bandung
15 Februari 2021Program Sahabat Sekolah 3.0
03 Desember 2020Juara 3 Lomba Essai Political Science Week
28 Oktober 2020Juara 1 Lomba Essai & Juara 3 Pidato
26 Oktober 2020Juara 2 lomba mengarang karya tulis dwipayana
26 Oktober 2020LMS SMA BPI 1 Bandung
17 Oktober 2020Juara Ketiga di Perlombaan Video Teaching Competition
17 Oktober 2020Penyemprotan Disinfektan
16 Oktober 2020Kegiatan Jota Joti Pramuka 2020
13 Oktober 2020Sosialisasi dan Evaluasi Supervisi Mutu BDR SMA BPI 1 Bandung
13 Oktober 2020BERJUANG UNTUK MENJADI YANG TERBAIK DIANTARA BELASAN RIBU PESERTA LOMBA KIHAJAR STEM 2020 TINGKAT NASIONAL
25 September 2020Hari Jadi Kota Bandung
14 September 2020Pelaksanaan PTS
10 September 2020Kunjungan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII
30 Agustus 2020Rekapitulasi PTS
28 Agustus 2020Rakpitulasi PTN
25 Agustus 2020Penguatan LMS
18 Agustus 2020Dirgahayu Yayasan BPI
14 Agustus 2020Pertemuan Orangtua Kelas X
30 Juli 2020PJJ Via Ig dan Zoom
25 Juli 2020Graduation Virtual
20 Juli 2020PJJ Week 2
18 Juli 2020Kepramukaan dan Penutupan MPLS
14 Juli 2020MPLS & PJJ Online
04 Juli 2020PPDB buka dihari Minggu
25 Juni 2020In House Training SMA BPI 1
18 Juni 2020Webinar SMA BPI 1 Bandung
17 Juni 2020Rapat Verifikasi Kenaikan Kelas X dan XI
01 Juni 2020Peningkatan Mutu Pendidikan
01 Juni 2020PAT ONLINE
30 Mei 2020Halal Bihalal Online
23 Mei 2020Selamat Idul Fitri 1441 H
02 Mei 2020Hari Pendidikan Nasional
24 April 2020SMA BPI 1 Hatam Al-Qur'an
22 April 2020Gabung di SMA BPI 1 Yuk :)
09 April 2020Penyemprotan Disinfektan
08 April 2020Pembagian Raport Online
07 April 2020Pelaksanaan Ujian Sekolah
31 Maret 2020Perlombaan STEM
29 Maret 2020Covid 19
27 Maret 2020Simulasi Ujian Sekolah
22 Maret 2020Nyaca Lembur
20 Maret 2020Doa Bersama Kelas XII
19 Maret 2020Social Distancing SMA BPI 1
01 Maret 2020Juara Bahasa Inggris
30 Januari 2020From nametag to silver medal
05 Januari 2020Juara di acara Bukasai
26 Desember 2019Pameran Kewirausahaan
10 Desember 2019Juara di IESF
02 Desember 2019Emyr Juara 2
01 Desember 2019Viola Juara 1
15 November 2019kegiatan Nusantara Youth Parliament 2019
08 November 2019Juara 2 debat PPKN di UNJ
07 November 2019Hemat Energi Juara 3
04 November 2019Pemeriksaan kesehatan kelas X
01 November 2019Try out jabar smart school
15 September 2019Reuni akbar satuan paskibra
14 September 2019Seminar KWU
10 September 2019Pemilihan Calon Ketua OSIS
07 September 2019CTL Kelas X
06 September 2019Pelatihan dan Motivasi Siswa
06 September 2019Debat Calon Ketua OSIS 2019-2020
05 September 2019Pelantikan MPK & OSIS
20 Juli 2019Kunjungan AIESEC Ke BPI 1

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMA BPI 1 BANDUNG

Kurikulum

PENGELOLAAN DAN PELAKSANAAN KURIKULUM

 

Pengelolaan dan pelaksanaan kurikulum diatur berdasarkan tugas dan jadwal kegiatan pembelajaran, baik kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstra kurikuler dengan mengintegrasikan IPTEK dan IMTAQ serta didukung oleh kegiatan pengembangan kualifikasi guru melalui MGMP, penataran, workshop, atau pelatihan kerja lainnya ditindak lanjuti dengan penilaian sistem evaluasi.

  1. Pengelolaan Proses Pembelajaran

Proses pembelajaran adalah kegitan belajar seluruh warga belajar di sekolah yang berorientasi pada upaya memperoleh pengalaman belajar melalui learning by doing, sehingga secara bertahap bisa memperoleh keterampilan/kecakan hidup, bukan semata-mata pada target pencapaian hasil.

Pengelolaan proses pembelajaran dilaksanakan oleh guru dan unsur pendidik lainnya yang berperan sebagai fasilitator. Guru bukan bagian yang dominan dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran berpusat pada peserta didik (siswa) sebagai subjek pendidikan.

Secara terperinci kegiatan pembelajaran dilaksanakan melaui :

  1. Kegiatan Kurikuler

Kegiatan kurikuler adalah kegiatan belajar yang dilakukan melalui tatap muka yang alokasi waktunya telah ditentukan dalam susunan program dan diperdalam atau diperkaya dengan kegiatan ko-kurikuler berpedoman pada :

  1. Kalender Pendidikan

Penjabaran kalender pendidikan disesuaikan dengan petunjuk dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

  1. Pembagian tugas guru yang didasarkan pada :
  1. Program tahunan dan semester

Program tahunan dan semester disusun berdasarkan sistematika tahun pelajaran yang menggunakan sistem semester merupakan bagian dari program pembelajaran.

Dalam program tahunan memuat alokasi waktu untuk setiap pokok bahasan dalam satu tahun pelajaran. Program semester merupakan salah satu bagian dari program pengajaran yang memuat alokasi waktu untuk setiap satuan bahasan pada setiap semester.

Kegiatan kurikuler untuk peserta didik kelas XII diperdalam atau diperkaya tidak hanya melalui pemberian tugas-tugas/pemantapan, juga melalui kegiatan PKA.

 

- 4 -

PKA khusus diberikan baik untuk peserta didik yang mengambil program IPA maupun IPS dengan jadwal pelaksanaan satu jam pelajaran setiap minggu yang disisipkan pada jam pelajaran wajib untuk  mata pelajaran yang di Ujian Nasionalkan.

Materi kaji latih untuk program IPA meliputi mata pelajaran : Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, dan Kimia. Sedangkan untuk program IPS meliputi mata pelajaran : Bahasa Inggris, Matematika, Geografi dan Ekonomi.

     d.  Penyusunan persiapan pembelajaran menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan           Pendidikan (KTSP)

Dalam KTSP persiapan mengajar oprasionalnya disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan, berdasarkan : Kerangka Dasar Kurikulum dan Standar Kompetensi.

      e.   Pelaksanaan Kegiatan Kurikulum

            Pelaksanaan kegiatan kurikulum berlangsung berdasarkan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

f.   Penilaian

     Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Tujuan dari penilaian proses danhasil belajar adalah untuk menentukan tingkat ketercapaian tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

      Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator, di dalam kegiatan penilaian ini terdapat tiga komponen penting yang meliputi : Tekhnik Penilaian, Bentuk Instrumen, dan Instrumen Penilaian.

2. Sistem Penilaian, Penjurusan, Kenaikan Kelas Menggunakan KTSP

    2.1. Skala Penilaian

           a.  Nilai  (PPK, Praktik) dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat, dengan rentang   0 – 100.

           b. Nilai SIKAP dinyatakan dalam bentuk kualitatif dengan kriteria : Tinggi,  Sedang, Rendah.

           c.   Nilai ketuntasan belajar maksimum adalah : 100

           d. Sekolah dapat menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dibawah nilai ketuntasan ideal, namun sekolah harus mempunyai target waktu untuk mencapai ketuntasan belajar ideal/maksimum

            e.   Nilai ketuntasan belajar minimum ditetapkan pada awal tahun pelajaran dan di evaluasi ketercapaiannya pada setiap semester.

 

 

.  - 5 -

 

2.2. Raport Semester

       Setiap semester laporan hasil belajar siswa disampaikan kepada peserta didik dan orang tua/wali peserta didik.

 

2.3. Kenaikan Kelas

        a. Dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran

b. Kenaikan kelas menggunakan sistem Penilaian Standar Ketuntasan Belajar Minimal  yang ditetapkan oleh masing-masing mata pelajaran melalui koordinator mata pelajaran kemudian disetujui oleh kepala sekolah untuk disampaikan kepada peserta didik, orang tua/wali peserta didik, dan komite sekolah.

c.  Kriteria Ketuntasan Minimal harus diupayakan dicapai peserta didik melaui berbagai tahapan penilaian dan remidial.

d. Penilaian harus mencakup aspek PPK, PRAKTIK, SIKAP serta uraian keterangannya.

e.  Peserta didik dinyatakan naik kelas, apabila memiliki nilai kurang paling banyak pada tiga mata pelajaran yang bukan merupakan mata pelajaran yang menjadi ciri khas program/jurusan yang akan, sedang diambil/diikuti. Dengan demikian mata pelajara-mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan harus mencapai nilai minimal ketuntasan yang ditetapkan oleh sekolah yang bersangkutan.

 

2.4. Penjurusan

        a.   Dilaksanakan di kelas X (semester 1)

        b. Kriteria penjurusan meliputi : minat / angket  nilai akademik, pertimbangan guru bimbingan dan konseling,guru pengajar, wali kelas, dan orang tua/wali

        c.  Dalam menentukan jurusan, peserta didik terlebih dahulu dicari tahu minatnya apakah hendak :

Minat peserta didik dapat diketahui melalui angket/kuesioner dan wawancara, atau test psikologi untuk mendeteksi bakat, kecerdasan potensi akademik dan lainnya.

d. Peran guru bimbingan dan konseling sangat berarti dalam menentukan penjurusan seorang peserta didik, yang dilakukan baik dengan wawancara, pengisian angket atau test psikologi.

- 6 -

 

e. Peserta didik yang akan memasuki program ilmu alam, maupun ilmu sosial disyaratkan mencapai ketuntasan dalam mata pelajaran yang sesuai dengan karakteristik program tersebut.

f. Peserta didik diberi kesempatan untuk pindah jurusan (multi-entri-multi-exit), apabila yang bersangkutan tidak cocok pada jurusan semula atau tidak sesuai dengan kemampuan belajarnya. Sekolah harus mempasilitasi agar peserta didik dapat mengejar standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dimilki di kelas baru.

g.  Batas waktu untuk pindah jurusan ditentukan oleh sekolah (maksimal 1 bulan)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

- 7 -