Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
SMA BPI 1 BANDUNG
SMA BPI 1 BANDUNG
26 Juli 2024In House Training - Upaya Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan dan Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidikan di Lingkungan SMA BPI 1 Bandung
11 Juli 2024MPLS TIME ? Are you ready?
11 Juli 2024Selamat kepada *TIM STEAM SMA BPI 1 ‘RIVERA’* : 1. REGAN JAUSA (XI-1) 2. ABRAAR RAIZAHAN (XI-2) 3. DELVIERA FEBRANIZZA (XI-4) Meraih *SILVER MEDALL* INDONESIAN YOUTH STEAM CHALLENGE yang diselenggarakan SEAQIS tingkat NASIONAL. Terima kasih kepada pihak
11 Juli 2024Penetapan Hasil Tes Pemetaan Gelombang 3 PPDB SMA BPI 1 Bandung TA 2024/2025
08 Juli 2024Akses disini ! Link PPDB BPI : https://ppdbbpi.web.id/1/f?p=300:55:8551022198109::NO:::
05 Juli 2024Daftar PPDB Online disini !
05 Juli 2024Watchout! Jadwal Tes Seleksi Pemetaan Peserta Didik Baru SMA BPI 1 Bandung
28 Juni 2024Pembagian Raport Kelas X dan XI Semester Genap SMA BPI 1 Bandung
22 Juni 2024Penetapan Hasil Tes Pemetaan Gelombang 2 PPDB SMA BPI 1 Bandung
13 Juni 2024De La Victoire - Graduation Ceremony SMA BPI 1 Bandung Tahun 2024
03 Juni 2024Goodluck! PSAT (Penilaian Sumatif Akhir Tahun) SMA BPI 1 Bandung (3-11 Juni 2024)
01 Juni 2024Selamat Hari Lahir Pancasila
30 Mei 2024Penetapan Hasil Tes Pemetaan Gelombang 1 PPDB SMA BPI 1 Bandung TA 2024/2025
28 Mei 2024Tes Pemetaan Gelombang 1 - PPDB SMA BPI 1 Bandung
27 Mei 2024In House Training - IHT Sekolah Masagi SMA BPI 1 Bandung (27-29 Mei 2024) di Kampus BPI Bandung
22 Mei 2024Prolife Show #1 SMA BPI 1 Bandung
07 Mei 2024CONGRATULATION! SMA BPI 1 Bandung mengucapkan Selamat atas Kelulusan untuk Siswa/Siswa Angkatan 2024! See you on top!!
07 Mei 2024Toefl Test - Grade for X and XI SMA BPI 1 Bandung
02 Mei 2024Selamat Hari Pendidikan Nasional
22 April 2024Back To School - Waktunya kembali belajar!
21 April 2024Selamat Memperingati Hari Kartini - Menjadi Wanita Cerdas Untuk Masa Depan Bangsa Indonesia
25 November 2023Selamat Hari Guru Nasional
25 November 2023*SMA BPI 1 BANDUNG #BERPRESTASI* Selamat kepada *BEST ONE SMA BPI 1 BANDUNG TEAM DREAM WEAVER* yang terdiri dari *REVA MUTIA (XII-3), CHAYRA RAHMA JUSTICA (XI-4), FAIZ HAMMAM (X-7) & DIMAS PRABAWA (X-10)* meraih *JUARA 3 STEAM INFEST* tingkat *JAWA BARAT*
18 November 2023*SMA BPI 1 BANDUNG #BERPRESTASI* Selamat kepada siswa/i SMA BPI 1 yang telah meraih *JUARA 1 QUIZ COMPETITION : ESHMA ZAHEYA IKHTIARI (XI-6), M ZHAFIF SHABI RAMADAN (XI-10), ZARA KAMILA (X-1)* tingkat *KOTA* Penyelenggara *SMAN 22 BANDUNG* Terima kasi
16 November 2023Selamat Hari Angklung Internasional
13 November 2023Toefl Test Kelas 12 SMA BPI 1 Bandung
10 November 2023Selamat Hari Pahlawan
08 November 2023LOMBA STEM - SMA BPI 1 Bandung
31 Oktober 2023Proyek P5 - Gaya Hidup Berkelanjutan : Satu Hari Belajar Bersama Orangtua di Sekolah
30 Oktober 2023*SMA BPI 1 BANDUNG #BERPRESTASI* Selamat kepada *PARANADA BAND SMA BPI 1* meraih *JUARA 1 LOMBA BAND INDIE* pada *FESTIVAL PELAJAR NUSANTARA 2023* tingkat *PROVINSI* Penyelenggara *RRI BANDUNG*
28 Oktober 2023Selamat Hari Sumpah Pemuda
26 Oktober 2023CTL Kunjungan Kampus Kelas XII - Pengenalan Kampus ITB dan UPI
25 Oktober 2023Pelantikan & Sertijab OSIS SMA BPI 1 Bandung 2023/2024
25 Oktober 2023SMA BPI 1 BANDUNG #BERPRESTASI Selamat kepada SALMA ISMI SHALIHIN (XII-1) meraih MEDALI EMAS BIDANG BIOLOGI pada OLIMPIADE SAINS PEMUDA 2023 tingkat NASIONAL Penyelenggara PRESMANESIA Terima kasih kepada pihak sekolah khususnya Ibu Kepala Sekolah (Kiki A
10 Oktober 2023SMA BPI 1 BANDUNG #BERPRESTASI Selamat kepada NAYLA KHALIDA (XII-1) meraih MEDALI PERAK bidang BIOLOGI DAN KEDOKTERAN DASAR pada KEGIATAN K2SN 2023 tingkat NASIONAL.
10 Oktober 2023SMA BPI 1 BANDUNG #BERPRESTASI Selamat kepada MUHAMMAD NAILUL AUTHOR (XI-9) meraih JUARA 1 pada LOMBA MENULIS REELS DENGAN TEMA “SOLUSIKU UNTUK POLUSI UDARA” tingkat *NASIONAL.
10 Oktober 2023SMA BPI 1 BANDUNG #BERPRESTASI Selamat kepada TEAM FUTSAL SMA BPI 1 meraih JUARA 3 KOMPETISI MINI SOCCER pada INSPIRE SENIOR HIGH SCHOOL TOURNAMENT 2023 tingkat KOTA.
10 Oktober 2023SMA BPI 1 BANDUNG #BERPRESTASI Selamat kepada MODERN DANCE SMA BPI 1 meraih JUARA 3 KOMPETISI DANCE pada FESTIVAL TALENT HUNT tingkat KOTA.
10 Oktober 2023SMA BPI 1 BANDUNG #BERPRESTASI Selamat kepada NASHA SYEHARA (X-8) meraih JUARA 1 RENANG GAYA BEBAS 25 M PUTRI DAN JUARA 2 RENANG GAYA BEBAS 50 M PUTRI pada FESTIVAL RENANG ANTAR PELAJAR tingkat KOTA.
02 Oktober 2023Selamat Hari Batik Nasional - 02 Oktober 2023
25 September 2023*SMA BPI 1 BANDUNG #BERPRESTASI* Selamat kepada *MUHAMMAD SYAUQI AZKA (X-10) * meraih *3 EMAS DAN 2 PERAK* pada *LOMBA ASIAN MUSIC GAMES 2023* tingkat *ASIA*.
25 September 2023*SMA BPI 1 BANDUNG #BERPRESTASI* Selamat kepada *”I MISS HER” TEAM ROBOTIK* sebagai *JUARA 3 ASEAN ROBOTIC DAY* kategori *REMOTLY OPERATED VEHICLE* tingkat *ASEAN*.
25 September 2023*SMA BPI 1 BANDUNG #BERPRESTASI* Selamat kepada *”KYS” TEAM ROBOTIK* sebagai *JUARA 2 ASEAN ROBOTIC DAY* kategori *REMOTLY OPERATED VEHICLE* tingkat *ASEAN*.
14 September 2023100 Pelajar SMA BPI 1 Bandung Terlibat Kabaret Kolosal “Lutung Kasarung”
14 September 2023Seleksi Olimpiade Tingkat Sekolah - SMA BPI 1 Bandung
10 September 2023SMA BPI 1 Bandung #BERPRESTASI - Selamat kepada AZKYA SYIFA AL-FARRA (X-1) sebagai JUARA 2 KYUROGI JUNIOR U 46 PUTRI pada KEJUARAAN TAEKWONDO BANDUNG OPEN 2023 tingkat NASIONAL. 
16 Oktober 2022SMA BPI 1 BANDUNG MERAIH BERBAGAI PRESTASI
20 September 2022SASIKIRANA ANINDYA (X-3) yang telah meraih MEDALI EMAS
20 September 2022DIANDRA AULIA (X-3) yang telah meraih MEDALI EMAS
20 September 2022ARBY TAHTA MAHESA AL-IRFAN (X-9) yang telah Juara
17 September 2022NEW KABISA JUARA 1
17 September 2022AZIZ RIZKY K (XI-7) yang telah meraih JUARA KE-3 STORYTELLING COMPETITION
17 September 2022ESHMA ZAHEYA I (X-9) yang telah meraih JUARA KE-1 STORYTELLING COMPETITION
17 September 2022 KEIKO ALMIRA F (X-2) yang telah meraih JUARA KE-1 SPEECH COMPETITION
12 September 2022DIANDRA AULIA (X-3) yang telah meraih MEDALI PERUNGGU
12 September 2022 MARISHA HUMAIRA (X-1) yang telah MERAIH MEDALI PERUNGGU
12 September 2022EVIE NURULIZA RIHADI (X-1) yang telah MERAIH MEDALI EMAS
12 September 2022SALMA PUTRI JOANA (X-1) yang telah MERAIH MEDALI PERAK
12 September 2022LUTHFIA KHAIRUNISA (X-1) yang telah MERAIH MEDALI PERUNGGU
12 September 2022MULAN REIHAT EN NEJAD (X-1) yang telah MERAIH MEDALI PERUNGGU
12 September 2022ANNISA NUR ALIFAH (X-1) yang telah MERAIH MEDALI EMAS
12 September 2022 DIANDRA AULIA (X-3) yang telah MERAIH MEDALI PERAK
12 September 2022REGAN BELVA MELANDO (XII-2) sebagai JUARA 3
30 Agustus 2022 AZKA SHAFA NABALAH (XII-6) yang telah MERAIH MEDALI EMAS
30 Agustus 2022 EVIE NURULIZA RIHADI (X-1) yang telah MERAIH MEDALI EMAS
30 Agustus 2022Nashita Amelia (X-10) yang telah MERAIH MEDALI PERAK
30 Agustus 2022Rizky Fahmi Hidayat (X-9) yang telah MERAIH MEDALI PERAK
29 Agustus 2022 MOHAMMAD NAUFAL RIZQULLAH (XII-3) sebagai PERWAKILAN INDONESIA
29 Agustus 2022VERENINA FAIZA (XI-9) yang telah meraih MEDALI EMAS
29 Agustus 2022NADIRA ALYA TIANDRA PUTRI (XII-4) yang telah meraih MEDALI EMAS
17 Agustus 2022NADA LARAS KINANTI (XI-6) sebagai PASKIBRAKA KOTA BANDUNG 2022
13 Agustus 2022Lomba Essay BPI Pak Bambang
13 Agustus 2022Lomba Essay BPI Pak Iman
13 Agustus 2022Lomba Essay BPI Bu Riski
13 Agustus 2022Lomba Essay BPI Pak Asep Sukarman Prodiksus
13 Agustus 2022Lomba Essay BPI Bu Prima
13 Agustus 2022Lomba Essay BPI Pak Tatang Taryana
13 Agustus 2022Lomba Essay BPI Pa Teguh
13 Agustus 2022Lomba Essay BPI Pak Lukman
12 Agustus 2022Lomba Essay BPI Pak Cucu Tema UPK BPI
12 Agustus 2022Lomba Essay BPI Bu Reni Susanti
11 Agustus 2022Lomba Essay BPI Pak Asep Sukarman
11 Agustus 2022Lomba Essay BPI Pak Cucu
11 Agustus 2022Lomba Essay BPI Bu Wulan
11 Agustus 2022Lomba Essay BPI Pak EPI
07 Agustus 2022 NADYA NISFI RAMADANI (XI-10) yang telah MERAIH MEDALI PERAK-ILMU HUKUM
07 Agustus 2022MUHAMMAD RAJESH SIDDIQ (XII-8) yang telah MERAIH MEDALI PERUNGGU-ILMU HUKUM
04 Agustus 2022TATANG TARYANA, S.Pd yang telah MERAIH MEDALI PERAK OLIMPIADE GURU 2022 BIDANG PPKN
24 Juli 2022ATINA KHURRIYYATUN NUFUUS VILMALA (XII-5) yang telah MERAIH MEDALI PERAK
24 Juli 2022GRACIA ASTRIA (XI-5) yang telah MERAIH MEDALI PERAK
14 Juni 2022NADYA NISFI (X-5) yang telah LOLOS SELEKSI KOMPETISI SAINS NASIONAL TINGKAT KOTA BIDANG GEOGRAFI
14 Juni 2022MIZA KARTIKA (X-9)yang telah LOLOS SELEKSI KOMPETISI SAINS NASIONAL TINGKAT KOTA BIDANG KEBUMIAN
14 Juni 2022ALIVIA SYIFANI ADHAM (XI-2) yang telah LOLOS SELEKSI KOMPETISI SAINS NASIONAL TINGKAT KOTA BIDANG FISIKA
23 April 2022SALSA MERAIH MEDALI PERAK OLIMPIADE BIOLOGI TINGKAT NASIONAL
23 April 2022DEA MERAIH MEDALI EMAS NATIONAL SERIES ENGLISH COMPETITION 2022
20 April 2022GRACIA MERAIH MEDALI PERAK NATIONAL ENGLISH OLYMPIAD
20 April 2022ANGGI MERAIH MEDALI PERAK OLIMPIADE BIOLOGI TINGKAT NASIONAL
20 April 2022SHENDRINA MERAIH MEDALI PERUNGGU OLIMPIADE BIOLOGI TINGKAT NASIONAL
20 April 2022IRVAN MERAIH MEDALI PERUNGGU OLIMPIADE BIOLOGI TINGKAT NASIONAL
20 April 2022DEA MERAIH MEDALI PERUNGGU NATIONAL ENGLISH OLYMPIAD 2022
18 April 2022Juara 1 Lomba STEM
08 April 2022Kalisha Meraih Perunggu National Yes Olympic
08 April 2022Ayu Meraih Medali Perunggu Olimpiade Kedokteran
26 Maret 2022Keyla Juara 2 Monogatari
23 Maret 2022Irvan Meraih Medali Perunggu Olimpiade Fisika
21 Maret 2022MERAIH MEDALI PERUNGGU BANDUNG TAEKWONDO OPEN 2022 TINGKAT NASIONAL
21 Maret 2022MEDALI PERAK BANDUNG TAEKWONDO OPEN 2022 TINGKAT NASIONAL
21 Maret 2022MEDALI PERAK BANDUNG TAEKWONDO OPEN 2022 TINGKAT NASIONAL
17 Maret 2022JUARA 2 LOMBA JINGLE COVER SENI (Guru)
17 Maret 2022MERAIH JUARA 2 LOMBA JINGLE COVER
17 Maret 2022JUARA 1 LOMBA JINGLE COVER SENI
06 Maret 2022Meraih medali emas olimpiade inggris
22 Februari 2022Siswa BPI meraih Medali Emas
22 Februari 2022Siswa BPI meraih Medali Perak
22 Februari 2022Siswa BPI meraih Medali Emas
20 Februari 2022Juara Umum Lomba Olimpiade Ppkn
20 Februari 2022Juara 2 Lomba Cover Lagu Kategori Siswa
20 Februari 2022Juara 2 Cover Lagu Kategori Umum
20 Februari 2022Juara Best Like Foto Bersama
20 Februari 2022Juara 2 Lomba Essay
19 Februari 2022Dhara meraih medali emas
19 Februari 2022Dhara meraik medali perak
15 Februari 2022Gema Meraih Medali Perak
13 Februari 2022Cantika meraih medali emas kompetisi biologi
12 Februari 2022Nadya meraih juara 1 lomba essay
18 Januari 2022Penulis Terbaik Event Qoutes
13 Januari 2022Meraih Medali Emas Olimpiade Kedokteran
25 Desember 202110 Besar Olimpiade Sosiologi
25 Desember 2021Juara 3 Olimpiade Geografi
20 Desember 2021Juara Top Model Indonesia
14 Desember 2021JUARA 1 MONOGATARI COMPETITION
13 Desember 2021Nadine meraih Young New Talent
21 November 2021Juara 1 Putri Kebudayaan Indonesia
10 November 2021Cantika Juara 3 Olimpiade Biologi
10 November 2021Kalia Duta Favorit Penyiaran
08 November 2021Paranada Juara 1 Lomba Band
07 November 2021Elvaretha Juara 1 Olimpiade Biologi
28 Oktober 2021Juara 3 Lomba Poster
11 Oktober 2021Nada Juara 3 Speech Contest
19 September 2021Salsabilla meraih prestasi di TINGKAT INTERNASIONAL
19 September 2021Claudia Pemenang 7 Video Terbaik
19 September 2021JUARA 1 pada INSIGHT SOCIOLOGY COMPETITION TINGKAT NASIONAL
27 Agustus 2021SMA BPI 1 Mendapatkan Medali Emas
18 Agustus 2021SMA BPI 1 Mendapatkan Penghargaan
21 Juli 2021meraih MEDALI PERUNGGU PADA ADVANCE SCIENCE OLYMPIAD (ASO) TAHUN 2021 BIDANG GEOGERAFI
10 Juli 2021Juara Lomba Cerdas Cermat PAI
03 Juli 2021Juara 1 lomba desain poster
03 Juli 2021Juara 3 lomba share content
19 Juni 2021Siswa BPI Lolos KSN tingkat Kota
16 Juni 2021Siswa BPI mendapatkan Medali Emas
15 Juni 2021Siswa BPI mendapatkan Medali Perunggu
15 Juni 2021Siswa BPI mendapatkan Medali Perak
01 Juni 2021Karya Azka X-8 Tembus Ke Pameran Seni Lukis International
12 Mei 2021SMA BPI 1 RAIH MEDALI PADA KOMPETENSI HARDIKNAS 2021 BIDANG BIOLOGI
12 Mei 2021SMA BPI 1 RAIH MEDALI PADA KOMPETENSI HARDIKNAS 2021
12 Mei 2021SMA BPI 1 RAIH MEDALI PADA KOMPETENSI HARDIKNAS 2021
11 April 20211st Runner Up Puteri Kebudayaan Jawa Barat
05 April 2021Juara 1 Gojek Sahabat Sekolah 3.0
05 April 2021IAYP Dafa Naufal
05 April 2021POSI 2021
05 April 2021Medali Emas ISTEC 2021
03 April 2021PEMENANG PUTERI REMAJA JAWA BARAT SOSIAL MEDIA 2021
31 Maret 2021STEM PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SMA BPI 1
31 Maret 2021ANTUSIAS SISWA DALAM MENGIKUTI UJIAN PRAKTIK PADA MASA PANDEMI DI SMA BPI 1
16 Maret 2021PEMUDA DAN TANTANGAN BONUS DEMOGRAFI MENUJU INDONESIA EMAS TAHUN 2045
10 Maret 2021JUARA 2 LOMBA VLOG BAHASA JEPANG TINGKAT NASIONAL
10 Maret 2021CARA BELEJAR EFEKTIF BUAT AKU: “DIBUAT NOVEL AJA”
10 Maret 2021BERSAHABAT DENGAN TEKNOLOGI DALAM MENCERDASKAN NEGERI
10 Maret 2021Digitalisasi Pendidikan dalam Masa Pandemi
24 Februari 2021MEDALI EMAS "OLIMPIADE GEOGRAFI" TINGKAT NASIONAL
24 Februari 2021JUARA 2 STORY TELLING CONTEST "ENGLISH FESTIVAL 2021"
24 Februari 2021JUARA 3 LOMBA JINGLE "SAHABAT SEKOLAH 3.0"
24 Februari 2021JUARA 2 SINGING CONTEST "ENGLISH FESTIVAL 2021" TINGKAT NASIONAL
03 Desember 2020Juara 3 Lomba Essai Political Science Week
28 Oktober 2020Juara 1 Lomba Essai & Juara 3 Pidato
26 Oktober 2020Juara 2 lomba mengarang karya tulis dwipayana
17 Oktober 2020Juara Ketiga di Perlombaan Video Teaching Competition
13 Oktober 2020BERJUANG UNTUK MENJADI YANG TERBAIK DIANTARA BELASAN RIBU PESERTA LOMBA KIHAJAR STEM 2020 TINGKAT NASIONAL
01 Maret 2020Juara Bahasa Inggris
30 Januari 2020From nametag to silver medal
05 Januari 2020Juara di acara Bukasai
10 Desember 2019Juara di IESF
02 Desember 2019Emyr Juara 2
01 Desember 2019Viola Juara 1
15 November 2019kegiatan Nusantara Youth Parliament 2019
08 November 2019Juara 2 debat PPKN di UNJ
07 November 2019Hemat Energi Juara 3
06 September 2019Pelatihan dan Motivasi Siswa
SMA BPI 1 BANDUNG Lomba Essay BPI Pak Tatang Taryana

Lomba Essay BPI Pak Tatang Taryana

13 Agust 22 15:20:17
Dilihat 16777 kali

MEMBUMIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN

PROFIL PELAJAR PANCASILA DI ABAD 21

Oleh

 

Tatang Taryana, S.Pd

(Guru PPKn SMA BPI 1 Bandung)

  1. Pendahuluan

Dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara terus berkembang seiring berkembangnya fenomena, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Dewasa ini problematika karakter bangsa terus muncul dalam wujud berbagai fenomena yang dapat dikatakan aktual, namun klise. Di dunia pendidikan, baru-baru ini misalnya, muncul beberapa berita viral di media massa maupun media sosial tentang problematika yang dapat dikatakan klise, yaitu tentang intoleransi. Namun begitu, tidak sedikit pula problematika lain yang terjadi di dunia pendidikan dan masyarakat seperti lunturnya budaya gotong royong, rendahnya nasionalisme, disintegrasi bangsa dengan merebaknya berbagai konflik vertikal maupun horizontal. Selain itu berbagai problematika ini dianggap sebagai pelanggaran terhadap nilai-nilai Pancasila Ironis, mempunyai dasar negara Pancasila tetapi masih miskin karakter. Kenyataan ini menunjukkan merosotnya nilai karakter bangsa Indonesia tengah terpuruk begitu dalam. Nilai-nilai Pancasila seolah-olah mulai pudar dan luntur pada generasi saat ini.

 Tantangan Abad 21 yang timbulkan problematika tersebut menggambarkan bahwa
perilaku dan karakter bangsa yang menyimpang marak terjadi sehingga perlu diciptakan kesadaran untuk membumikan karakter,
banyak kehilangan jati dirinya sebagai bangsa yang Pancasilais, Indonesia nyaris berpamitan dengan Pancasila. Banyak dari Warga Negara Indonesia tentang stigma negatif pemikiran orang-orang adanya kekhwawatiran seolah-olah mempertanyakan keautentikan Pancasila yang digali dari nilai-nilai asli Bangsa Indonesia. Banyak dari Warga Negara Indonesia yang mengganggap Pancasila hanya sebatas “simbol formal” negara saja. Mereka hanya mengetahui sebatas menghapal Pancasila, akan tetapi mereka tidak menyakini bahwa Pancasila merupakan identitas bangsa. Pancasila tetap relevan untuk diaplikasikan dalam setiap sisi kehidupan. Pancasila seyogyanya tetap berakar pada setiap sanubari insan Indonesia. Namun demikian, tidaklah mudah untuk menginternalisasi Pancasila dalam kehidupan di era global saat ini terutama pada generasi muda yang lekat dengan pemanfaatan teknologi informasi. Peserta didik menjadi bagian dari generasi muda yang juga tidak pernah lepas dari penggunaan piranti teknologi informasi. Teknologi informasi menjadikan arus informasi semakin terbuka lebar baik informasi yang berdampak positif maupun negatif.

Berbagai berbagai Probematika di Indonesia di atas, yang akan penulis angkat pada tulisan ini tentang Karakter Pancasila. Pancasila merupakan hasil pemikiran dan kristalisasi dari nilai-nilai kehidupan dan cita-cita masyarakat yang sumbernya tidak lain adalah dari kehidupan bangsa Indonesia yang plural dan Multikultural. Ketika bangsa Indonesia berupaya untuk membentuk bangsa yang merdeka dan mendirikan negara yang berdaulat, maka para Pendiri Negara (The Founding Fathers), mengadakan Perjanjian Luhur, untuk menetapkan Cita-cita Luhur Bangsa Indonesia  yang harus diwujudkan di kemudian hari dan yang akan mendasari semua penyelenggaraan kehidupan dalam pencapaiannya.

Prinsip-prinsip kebijakan pendidikan menguatkan prinsip kesetaraan dan keadilan sosial. Anjuran ini selaras dengan cita-cita bangsa yang termuat dalam Pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh bangsa Indonesia. Dengan kata lain, berorientasi pada tujuan global tersebut sama sekali tidak bertentangan dengan pendidikan untuk memajukan nilai dan budaya luhur bangsa, dengan falsafah Pancasila yang berorientasi pada nilai-nilai kemanusiaan serta kesejahteraan dan keadilan sosial.  Semangat Konstitusi dan Cita-cita pendiri bangsa, filosofi pendidikan berkualitas tercantum pada Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 Alinea ke empat diantaranya “.....untuk mencerdaskan kehidupan bangsa”. Maka dalam setiap generasi muda Indonesia agar cerdas dan berkarakter Pancasila bangsa Indonesia tidak punah di gerus oleh kencangnya hantaman arus globalisasi dan Pendidikan. Pendidikan ini merupakan hak mendasar di dalam nilai kehidupan manusia. Pendidikan menjadi kunci dasar dari pembangunan sebuah negara itu sendiri. Sebuah negara tidak bisa berdiri tanpa adanya pendidikan dimana masyarakatnya tidak bisa berkembang dan hanya akan dibodohi oleh negara lainnya.  Pendidikan juga laksana eksperimen yang tidak pernah selesai sampai kapan pun, sepanjang ada kehidupan manusia di dunia ini.  

 

Merujuk pada pandangan Ki Hadjar Dewantara, dalam (VF Musyadad, 2022) bahwa, “pendidikan sebagai proses pembudayaan bukan hanya diorientasikan untuk mengembangkan pribadi yang baik tetapi juga masyarakat yang baik”. Sebagai proses pembudayaan, pendidikan perlu berorientasi ganda, membangun pelajar yang mampu memahami diri sendiri sekaligus lingkungannya. Orientasi ini harus berimbang, di mana pendidikan membantu individu untuk mengenal potensi dirinya, dan memberikan kesempatan kepada setiap individu untuk menempatkan keunggulan-keunggulan dirinya di lingkungan sekitarnya. Sehingga pendidikan untuk pembudayaan membutuhkan pengembangan daya pikir, daya rasa, daya karya, dan daya raga.

Penulis tertarik dalam menulis essai di beri judul Membumikan Karakter Dalam Pembentukan  Profil Pelajar Pancasila Di Abad 21.  Penulis menggambarkan Yayasan BPI yang bergerak dalam bidang penyelenggaraan pendidikan formal, mulai jenjang pendidikan pendidikan pra sekolah, jenjang pendidikan dasar hingga jenjang pendidikan menengah. Lembaga Pendidikan Yayasan BPI menjadi garda terdepan untuk membumikan Karakter Pancasila sebagai upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dengan membentuk UPK Karakter sejalan dengan  visi nya yaitu dengan semangat kekeluargaan dan kemandirian Yayasan ini bermaksud membaktikan dirinya terhadap Nusa dan Bangsa melalui penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas bagi anak bangsa dalam rangka ikut membentuk manusia yang setia pada dharmanya. Dengan motto pendidikan: “Winaya Utama Marganing Satya Dharma” (Pendidikan yang baik adala cara untuk membentuk manusia yang setia terhadap dharmanya).  Pendidikan di korelasikan dengan Mars sekolah BPI: “ Harumkan Nama BPI, Ditanah Air kita, Persada Indonesia Berdasar Pancasila”.  Sejalan dengan Kaelan dalam bukunya (2013, hlm. 42) menyatakan bahwa: Pancasila sebelum dirumuskan menjadi dasar negara serta ideologi negara, nilai-nilainya telah terdapat pada bangsa Indonesia dalam adat istiadat dalam budaya serta dalam agama-agama sebagai pandangan hidup masyarakat Indonesia. 

 Dengan mengatasi Problematika tersebut bagaimana membumikan karakter bangsa erat kaitannya dengan jati diri, karakter warga negara, dan keteladanan pemimpin bangsa Indonesia.  Oleh sebab itu, membumikan karakter menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan melalui pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila telah dijadikan sebagai salah satu visi dan misi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. terus berupaya menyiapkan dan melaksanakan kebijakan yang tepat untuk mengatasi berbagai problematika tersebut.

 

 

  1. Pembahasan

Sesuai dengan latar belakang di atas. Bahwa penulis tertarik untuk menuliskan gagasan dalam membumikan karakter dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila pada abad 21. Profil Pelajar Pancasila berdasarkan Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan yang terdapat dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 mengenai Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 yang berbunyi: “Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Profil Pelajar Pancasila adalah gambaran tentang kemampuan maupun karakter pelajar Indonesia. Profil Pelajar Pancasila disusun pada kurikulum merdeka yang disesuaikan terhadap konstitusi mengenai fungsi, peran dan tujuan, pendidikan nasional. UUD NRI 1945, Pancasila, Standar Lulusan, serta amanat beberapa tokoh pendidikan Indonesia menjadi acuan utama untuk mengembangkan Profil Pelajar Pancasila. Selain itu Profil Pelajar Pancasila adalah kepribadian dan keterampilan yang dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari dan hidup dalam diri siswa secara individu melalui budaya sosial, pembelajaran intrakulikuler, kokulikuler, dan ekstrakulikuler.

Berdasarkan upaya membumikan karakter dalam pembentukan Profil Pelajar Pancasila pada Abad 21 di salah satu unit Yayasan BPI antaranya:

Pertama, Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia. Pelajar
Pancasila diharapkan memiliki tingkat spiritualitas yang tinggi, sehingga bisa menerapkan nilai-nilai baik yang sesuai dengan ajaran agama didalam kehidupan sehari-hari. Bukan iman dan taqwa pada Tuhan YME saja namun, Pelajar Pancasila juga diharapkan memiliki akhlak pribadi yang baik, terhadap sesama manusia maupun terhadapa hewan, tumbuhan, dan alam, sebagai sesama ciptaan-Nya. Contoh nya dengan melakukan pembiasaan, membaca Al-Qur;an, Asmaul Husna, Berdoa sebelum dan setelah belajar, Shalat berjamaah, dll

 

 

Dokumentasi 1

Kegiatan Pembiasaan

 

Sumber : IG smasbpi1

Kedua, Berkebinekaan Global. Pelajar Pancasila harus memegang teguh nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Bukan hanya dengan sesama bangsa Indonesia, tetapi juga saat berinteraksi dengan bangsa atau kultur budaya negara lain. Pelajar Pancasila dituntut untuk dapat mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitas, namun tetap berpikiran terbuka ketika berinteraksi dengan budaya lain. Contoh nya Kegiatan Festival Budaya dan Belajar bahasa asing.

Dokumentasi 2

Kegiatan Festival Budaya

 

Sumber : IG smasbpi1

 

Ketiga, Gotong Royong. Sebagai salah satu nilai luhur sejak nenek moyang kita
terdahulu, yaitu guyub atau gotong royong, juga harus dipegang teguh oleh pelajar Pancasila.
Pelajar Pancasila akan mampu melakukan kegiatan bersama-sama dengan suka rela, agar
kegiatan tersebut terasa lebih lancar, mudah, dan ringan. Contoh nya: Kegiatan Kepramukaan System Blok.

Dokumentasi 3

Kegiatan Kepramukaan System Blok.

 

Sumber: Penulis (2022)

Keempat, Mandiri. Kemandirian juga merupakan kunci penting dalam menjalani
kehidupan. Meski mampu menjalankan sesuatu dengan gotong royong, tetapi Pelajar Pancasila akan mampu menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik dan penuh tanggung jawab secara mandiri. Untuk itu, dibutuhkan kesadaran dari diri sendiri terhadap situasi yang dihadapi, serta kemampuan menciptakan regulasi diri sendiri. contoh nya : mengerjakan soal Ujian dengan Jujur dan Mandiri.

Dokumentasi 4

Mengerjakan Soal Ujian

 

Sumber: IG Smasbpi (2022)

 

Kelima, Bernalar Kritis. Untuk menghadapi kompetisi global seperti saat ini dan masa mendatang, maka kemampuan bernalar kritis sangat diperlukan. Kemampuan berpikir kritis sendiri diartikan sebagai kemampuan secara objektif memproses informasi baik secara kualitatif dan kuantitatif. Conto nya: belajar untuk bertanya dan menyatakan pendapat.

Dokumentasi 5

Belajar untuk bertanya dan menyatakan pendapat.

 

Sumber: IG Smasbpi

Keenam, Kreatif. Untuk menciptakan berbagai penemuan inovatif di masa depan
diperlukan kreativitas yang tinggi. Tidak hanya sekadar menemukan gagasan-gagasan baru,
sebuah inovasi diharapkan juga bermakna, bermanfaat, dan membawa dampak bagi masyarakat. Pelajar Pancasila akan dapat mengasah kreativitas dengan menerapkan pemikiran kritis yang kemudian diolah menjadi inovasi baru. Salahsatu contohnya oleh ekskul Paranada, peserta didik mampu menciptakan lagu keroncong dan pembelajaran STEAM

Dokumentasi 6

Ekskul Paranada, peserta didik mampu menciptakan lagu keroncong

 

Sumber: IG paranada

  1. Upaya Dalam Membumikan Karakter Dalam Pembentukan Profil Pelajar Pancasila di  Abad 21

 Pendidikan Yayasan BPI dalam era transformasi digital yang bertepatan dengan milad ke 74 tahun dapat mendukung untuk membumikan karakter dalam profil pelajar pancasila dengan enam karakteristik Pelajar profil Pancasila, dengan ini di harapkan menjadi peserta didik yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif  yang menjadi landasan pembangunan nasional. Profil Pelajar Pancasila memiliki tujuan utama yaitu terjaganya nilai luhur dan moral bangsa, kesiapan untuk menjadi warga negara yang baik (to be good citizenship) dan mumpuni, serta tercapaianya kompetensi abad 21. Di jiwa dan perilaku sehari-hari di dalam komunitas maupun profesi, kita harus memiliki profil pelajar Pancasila. Pelajar yang dimaksud di sini adalah SDM unggul yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai Pancasila tidak sekadar untuk dipahami, tetapi yang sangat penting dan bermanfaat ialah bagaimana mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari baik di keluarga, masyarakat, satuan pendidikan.

Pada Abad 21 perkembangan IPTEK telah membawa kemajuan dan kemudahan serta perubahan pada kehidupan manusia. Berbagai manfaatnya dapat terasa pada era sekarang ini dimana semua perlahan beralih dari sesutau yang sederhana menjadi sesuatu yang lebih modern. ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dicapai, tetapi tanpa diimbangi kualitas moral dan pengamalan nilai keagamaan yang memadai, maka justru akan dapat merusak tataatan kehidupan masyarakat itu sendiri. Maka diperlukan pendidikan karakter dalam mengembangkan nilai-nilai dan budaya IPTEK. Pendidikan karakter Abad 21 pada dasarnya melakukan transformasi dari masyarakat berbudaya tradisional menjadi masyarakat yang berpikir analitis kritis dan berketerampilan IPTEK dengan tetap menjunjung/memelihara nilai-nilai agama, keimanan, dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta nilai-nilai luhur budaya bangsa. Dengan adanya UPK Karakter di Yayasan BPI itu merupakan perwujudan aksi nyata (real action) dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila. Apabila satu dimensi tersebut ditiadakan maka profil tersebut menjadi tidak bermakna. UPK Karakter di Yayasan BPI dalam Profil Pelajar Pancasila menjadi salah satu kompas untuk semua upaya peningkatan kualitas Pendidikan nasional yang perlu dihidupkan dan menjadi bagian dari budaya satuan Pendidikan. Serta terhindar dari kegiatan-kegiatan yang tidak bermakna.

 

 

Daftar Pustaka

Pancasila

UUD NRI tahun 1945

UU Sisdiknas 2013

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 mengenai Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 tentang Profil Pelajar Pancasila

Kaelan (2013). Negara Kebangsaan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru

dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941

IG SMA BPI 1 Bandung

IG Paranada

Home (bpiedu.id)