Dengan perkembangan global yang amat pesat akibat kemajuan di bidang teknologi mengharuskan SMA BPI 1 melakukan diversifikasi kurikum dalam sistem pendidikannya. Salah satu model diversifikasinya adalah pembelajaran abad 21 yang tengah menjadi tren, yaitu pembelajaran dengan pedekatan STEM (Sains, Technology, Engineering, and Mathematic).
Secara umum, ada 3 pendekatan Integrasi STEM yang digunakan dalam model pembelajaran STEM, yaitu :
Sebagai pintu masuk diversifikasi STEM dalam kurikulum 2013 terdapat dua pintu, SMA BPI 1 menggunakan dua –duanya, yaitu melalui pembelajaran Intrakurikuler dan juga Ekstra kurikuler.
Pembelajaran Intrakulikuer STEM dilaksanakan dalam kegiatan proses belajar mengajar didalam kelas dengan pendekatan Embedded atau dengan pendekatan Integrated berupa pembuatan projek yang selanjutnya bisa diperdalam dalam kegiatan Ekstrakurikuler. Peserta didik dibuat secara berkelompok, mengkolaborasikan berbagai macam disiplin ilmu dalam pembelajarannya dan diakhiri dengan pembuatan laporan yang telah dipresentasikan.
Pembelajaran Ekstrakurikuler dilaksanakan dibawah koordinasi kesiswaan, menggunakan pendekatan Integrated dengan pelatih Ekstakulikuler yang mumpuni dalam bidang STEM dan pembimbing guru mata pelajaran yang terkait.
Keterangan:
Untuk menambah wawasan, pendalaman dan motivasi pelaksanaan pembelajaran STEM, bisa dilaksanakan beberapa lomba kegiatan STEM dan Pameran STEM misalnya:
Lomba membuat laporan STEM diikuti oleh seluruh peserta didik yang melakukan kegiatan pembelajaran STEM, penjaringannya dilakukan oleh guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM di tiap kelas atau projeknya.
Lomba Karya Tulis Ilmiah STEM ini diikuti oleh seluruh peserta didik yang melakukan kegiatan pembelajaran STEM, penjaringannya dilakukan oleh guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM di tiap kelas atau projeknya.
Lomba Presentasi STEM ini diikuti oleh seluruh peserta didik yang melakukan kegiatan pembelajaran STEM, penjaringannya dilakukan oleh guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM di tiap kelas atau projeknya. Pelaksanaan Lomba bisa dilakukan secara terbuka dihadapan seluruh peserta didik dalam ruangan aula, juri bisa diambil dari luar sekolah yang memahami tentang STEM
Lomba Hasil Produk STEM ini diikuti oleh seluruh peserta didik yang melakukan kegiatan pembelajaran STEM, penjaringannya dilakukan oleh guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM di tiap kelas atau projek dari ekstrakulikuler STEM.
Lomba Photo/Vodep STEM ini diikuti oleh seluruh peserta didik tingkat SLTP se kota Bandung, dengan ketentuan dititik beratkan penilaian pada photo/Video yang mengandung unsur STEM.
Lomba Poster STEM ini diikuti oleh seluruh peserta didik, dengan ketentuan dititik beratkan penilaian pada Poster yang mengandung unsur STEM.
Lomba KBM STEM ini diikuti oleh seluruh Guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM.
Lomba Bestpractice STEM ini diikuti oleh seluruh Guru yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM,
Pameran ini berisikan pameran hasil karya produk STEM yang telah dibuat peserta didik dalam kegiatan Pembelajaran STEM sebagai bentuk pertangguan jawab sekolah pada orang tua peserta didik dan masyarakat.