Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
SMA BPI 1 BANDUNG
SMA BPI 1 BANDUNG
21 Juli 2021meraih MEDALI PERUNGGU PADA ADVANCE SCIENCE OLYMPIAD (ASO) TAHUN 2021 BIDANG GEOGERAFI
14 Juli 2021SMA BPI 1 Bandung Vaksin Tahap 1
12 Juli 2021IHT Online
10 Juli 2021Juara Lomba Cerdas Cermat PAI
03 Juli 2021Juara 1 lomba desain poster
03 Juli 2021Juara 3 lomba share content
19 Juni 2021Siswa BPI Lolos KSN tingkat Kota
16 Juni 2021Siswa BPI mendapatkan Medali Emas
15 Juni 2021Siswa BPI mendapatkan Medali Perunggu
15 Juni 2021Siswa BPI mendapatkan Medali Perak
04 Juni 2021Pelaksanaan KSN tingkat Kota Bandung
01 Juni 2021Karya Azka X-8 Tembus Ke Pameran Seni Lukis International
28 Mei 2021Simulasi KSN
28 Mei 2021Menikmati Super Vesak Blood Moon, Fenomena Langka 195 Tahun Sekali
18 Mei 2021#Berita Duka Purna Bakti SMA BPI 1 Meninggal Dunia
12 Mei 2021SMA BPI 1 RAIH MEDALI PADA KOMPETENSI HARDIKNAS 2021 BIDANG BIOLOGI
12 Mei 2021SMA BPI 1 RAIH MEDALI PADA KOMPETENSI HARDIKNAS 2021
12 Mei 2021SMA BPI 1 RAIH MEDALI PADA KOMPETENSI HARDIKNAS 2021
21 April 2021SMA BPI 1 Sudah Di Vaksin
16 April 2021Smartren Ramadhan 1442 H
11 April 20211st Runner Up Puteri Kebudayaan Jawa Barat
05 April 2021Juara 1 Gojek Sahabat Sekolah 3.0
05 April 2021IAYP Dafa Naufal
05 April 2021POSI 2021
05 April 2021Medali Emas ISTEC 2021
03 April 2021PEMENANG PUTERI REMAJA JAWA BARAT SOSIAL MEDIA 2021
31 Maret 2021STEM PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SMA BPI 1
31 Maret 2021ANTUSIAS SISWA DALAM MENGIKUTI UJIAN PRAKTIK PADA MASA PANDEMI DI SMA BPI 1
28 Maret 2021Gowes Bareng Alumni
26 Maret 2021Sosialiasi RKJM
24 Maret 2021Webinar Psikotes Kelas X
22 Maret 2021SMA BPI 1 Lolos SNMPTN
19 Maret 2021Doa Bersama Kelas XII
17 Maret 2021BERITA DUKA
16 Maret 2021PTS & PRA US
16 Maret 2021PEMUDA DAN TANTANGAN BONUS DEMOGRAFI MENUJU INDONESIA EMAS TAHUN 2045
10 Maret 2021JUARA 2 LOMBA VLOG BAHASA JEPANG TINGKAT NASIONAL
10 Maret 2021CARA BELEJAR EFEKTIF BUAT AKU: “DIBUAT NOVEL AJA”
10 Maret 2021BERSAHABAT DENGAN TEKNOLOGI DALAM MENCERDASKAN NEGERI
10 Maret 2021Digitalisasi Pendidikan dalam Masa Pandemi
09 Maret 2021Hari Musik Nasional
03 Maret 2021Psikotes Virtual Kelas X
01 Maret 2021TOEFL Kelas X
25 Februari 2021ESQ Kelas X
24 Februari 2021MEDALI EMAS "OLIMPIADE GEOGRAFI" TINGKAT NASIONAL
24 Februari 2021JUARA 2 STORY TELLING CONTEST "ENGLISH FESTIVAL 2021"
24 Februari 2021JUARA 3 LOMBA JINGLE "SAHABAT SEKOLAH 3.0"
24 Februari 2021JUARA 2 SINGING CONTEST "ENGLISH FESTIVAL 2021" TINGKAT NASIONAL
24 Februari 2021Bimbingan Portofolio SMA BPI 1 Bandung
15 Februari 2021Program Sahabat Sekolah 3.0
03 Desember 2020Juara 3 Lomba Essai Political Science Week
28 Oktober 2020Juara 1 Lomba Essai & Juara 3 Pidato
26 Oktober 2020Juara 2 lomba mengarang karya tulis dwipayana
26 Oktober 2020LMS SMA BPI 1 Bandung
17 Oktober 2020Juara Ketiga di Perlombaan Video Teaching Competition
17 Oktober 2020Penyemprotan Disinfektan
16 Oktober 2020Kegiatan Jota Joti Pramuka 2020
13 Oktober 2020Sosialisasi dan Evaluasi Supervisi Mutu BDR SMA BPI 1 Bandung
13 Oktober 2020BERJUANG UNTUK MENJADI YANG TERBAIK DIANTARA BELASAN RIBU PESERTA LOMBA KIHAJAR STEM 2020 TINGKAT NASIONAL
25 September 2020Hari Jadi Kota Bandung
14 September 2020Pelaksanaan PTS
10 September 2020Kunjungan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII
30 Agustus 2020Rekapitulasi PTS
28 Agustus 2020Rakpitulasi PTN
25 Agustus 2020Penguatan LMS
18 Agustus 2020Dirgahayu Yayasan BPI
14 Agustus 2020Pertemuan Orangtua Kelas X
30 Juli 2020PJJ Via Ig dan Zoom
25 Juli 2020Graduation Virtual
20 Juli 2020PJJ Week 2
18 Juli 2020Kepramukaan dan Penutupan MPLS
14 Juli 2020MPLS & PJJ Online
04 Juli 2020PPDB buka dihari Minggu
25 Juni 2020In House Training SMA BPI 1
18 Juni 2020Webinar SMA BPI 1 Bandung
17 Juni 2020Rapat Verifikasi Kenaikan Kelas X dan XI
01 Juni 2020Peningkatan Mutu Pendidikan
01 Juni 2020PAT ONLINE
30 Mei 2020Halal Bihalal Online
23 Mei 2020Selamat Idul Fitri 1441 H
02 Mei 2020Hari Pendidikan Nasional
24 April 2020SMA BPI 1 Hatam Al-Qur'an
22 April 2020Gabung di SMA BPI 1 Yuk :)
09 April 2020Penyemprotan Disinfektan
08 April 2020Pembagian Raport Online
07 April 2020Pelaksanaan Ujian Sekolah
31 Maret 2020Perlombaan STEM
29 Maret 2020Covid 19
27 Maret 2020Simulasi Ujian Sekolah
22 Maret 2020Nyaca Lembur
20 Maret 2020Doa Bersama Kelas XII
19 Maret 2020Social Distancing SMA BPI 1
01 Maret 2020Juara Bahasa Inggris
30 Januari 2020From nametag to silver medal
05 Januari 2020Juara di acara Bukasai
26 Desember 2019Pameran Kewirausahaan
10 Desember 2019Juara di IESF
02 Desember 2019Emyr Juara 2
01 Desember 2019Viola Juara 1
15 November 2019kegiatan Nusantara Youth Parliament 2019
08 November 2019Juara 2 debat PPKN di UNJ
07 November 2019Hemat Energi Juara 3
04 November 2019Pemeriksaan kesehatan kelas X
01 November 2019Try out jabar smart school
15 September 2019Reuni akbar satuan paskibra
14 September 2019Seminar KWU
10 September 2019Pemilihan Calon Ketua OSIS
07 September 2019CTL Kelas X
06 September 2019Pelatihan dan Motivasi Siswa
06 September 2019Debat Calon Ketua OSIS 2019-2020
05 September 2019Pelantikan MPK & OSIS
20 Juli 2019Kunjungan AIESEC Ke BPI 1

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMA BPI 1 BANDUNG

SMA BPI 1 BANDUNG Digitalisasi Pendidikan dalam Masa Pandemi

Digitalisasi Pendidikan dalam Masa Pandemi

10 Mar 21 08:18:18
Dilihat 133 kali

Digitalisasi Pendidikan dalam Masa Pandemi

Kalonica Villapana Nurhendi

            Di masa sekarang ini, jaman terus mengalami perubahan dan pembaharuan, seperti halnya teknologi dan sistem informasi. Keduanya memberikan dampak yang sangat signifikan bagi setiap aspek kehidupan. Begitu pun dengan kondisi masyarakat, perubahan tersebut tidak selalu diterima dengan baik. Masyarakat perlu beradaptasi dengan lingkungan serta keadaan dunia yang baru, dengan begitu mereka dapat terus mempertahankan hidup. Hal ini berlaku bagi aspek pendidikan, ia harus mampu memanfaatkan situasi dan kondisi dalam meningkatkan sistem yang ada. Menurut Bashori (2018, hlm. 293) menyatakan bahwa di era disrupsi tatanan kehidupan akan mengalami perubahan yang besar, berbagai aspek kehidupan akan mulai melakukan proses digitalisasi. Dalam hal politik, proses digitalisasi akan semakin dilakukan dengan tujuan memberikan edukasi berbasis politik bagi masyarakat secara luas. Dalam proses digitalisasi mereka tidak hanya berdemonstrasi mengenai isu-isu politik, tetapi berupaya mengajak masyarakat untuk mengenal dan memahami pendidikan politik yang ada di Indonesia. Untuk memulai sebuah pembaharuan dalam bidang pendidikan di era disrupsi ini, pemerintah dan setiap aspek kehidupan harus berkolaborasi untuk menciptakan sistem pendidikan yang peka akan teknologi informasi. Pembaharuan yang dilakukan ini mencakup segala fasilitas pendidikan yang berbasis digital, seperti komputer atau laptop. Solikhin dan Riasti (2013, hlm. 55) memaparkan bahwa pemerintah harus mulai melakukan pemberian inventarisasi sekolah di setiap dinas pendidikan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengapdate sistem informasi di setiap sekolah, sehingga mereka dapat meningkatkan sistem pendidikan yang berdasar pada teknologi dan informasi. Selain itu pemerintah perlu melakukan pelatihan bagi setiap proktor sekolah agar memiliki keterampilan yang sesuai, sehingga setiap sekolah dapat mengelola sistem informasi yang berbasis web. Dengan begitu untuk memulai proses digitalisasi dalam bidang pendidikan, pemerintah harus mempersiapkan fasilitas dan sumber daya manusia yang ada di lembaga pendidikan. Perubahan yang terjadi pada masyarakat tidak pernah memberikan jadwal yang pasti. Dengan kata lain masyarakat serta dunia harus siap dengan segala perubahan yang datang secara tiba-tiba. Sebut saja wabah penyakit, virus yang menjangkit hewan atau manusia dapat menyebar secara luas apabila kita tidak mempersiapkan apapun. Di tengah pandemic Virus Corona, masyarakat perlu mendapatkan informasi, jaminan kesehatan serta fasilitas pendidikan di saat yang bersamaan. Nurhalimah (2020, hlm. 550) memaparkan bahwa setiap masyarakat memiliki hak yang sama dalam mendapatkan fasilitas kesehatan, pemerintah harus mampu mengeluarkan kebijakan yang tidak merugikan pihak manapun. Disamping upaya pemerintah untuk memenuhi kewajibannya dalam memberikan jaminan kesehatan pada masyarakat, mereka pun harus mempertimbangkan berbagai sector kehidupan yang yang harus tetap jalan seperti ekonomi dan pendidikan. Dengan begitu, sebagai pengalaman dan pembelajaran di kemudian hari semua aspek kehidupan termasuk pendidikan dapat mulai menerapkan sistem digitalisasi, sehingga dapat mempermudahkan setiap aktivitas apabila perubahan yang tidak dikehendaki terjadi kembali.

            Di masa pandemic seperti sekarang ini, masyarakat merasakan kekhawatiran dengan adanya penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona. Berbagai macam informasi mulai bermunculan di berbagai media sosial dan media digital, sehingga masyarakat terkadang mendapatkan berita yang belum tentu kebenarannya. Dalam hal ini masyarakat secara menyeluruh perlu mendapatkan edukasi dalam menggunakan media sosial secara baik dan bijak. Hal ini berguna agar masyarakat dapat melatih pola pikir kritis. Sampurno, dkk (2020, hlm. 537) menyatakan bahwa media sosial di Indonesia selama masa pandemi dapat berperan sebagai guru online bagi masyarakat luas dalam menyajikan informasi mengenai wabah Covid-19. Media sosial yang digunakan berupaya mengarahkan dan memberikan fitur-fitur kesehatan yang berkaitan dengan wabah, sehingga masyarakat dapat lebih aktif mengapdate data terbaru seputar penyakit tersebut. pendidikan di masa pandemi tidak berakhir begitu saja, berbagai upaya dilakukan agar sistem pendidikan dapat terus berjalan dengan semestinya. Khasanah, dkk (2020, hlm. 45) menyatakan bahwa pendidikan di masa pandemic akan terus melanjutkan aktivitasnya seperti biasa. Namun dalam hal ini pendidikan dengan sebaik mungkin memanfaatkan kecanggihan teknologi agar ilmu pengetahuan masih dapat tersampaikan. Di masa sulit akibat wabah penyakit, sistem pendidikan menyelenggarakan berbagai kegiatan secara gratis seperti webinar dan pertemuan tatap muka secara daring menggunakan berbagai aplikasi. Proses digitalisasi pendidikan dikarenakan wabah penyakit memberikan dampak yang baik bagi pendidikan itu sendiri. Berbagai upaya dilakukan untuk mengapdate ilmu dan menambah kreativitas agar pembelajaran yang dilakukan secara jauh dapat berjalan secara menyenangkan. Namun tidak sedikit pula lembaga pendidikan yang telah menerapkan digitalisasi dalam proses pembelajarannya, jauh sebelum adanya wabah Covid-19. Efendi (2018, hlm. 178) menyatakan bahwa dengan menerapkan sistem sekolah secara fullday, lembaga pendidikan mulai mencoba menerapkan penggunaan digital dalam proses pembelajaran. Penerapan pembelajaran digital tersebut memicu sumber daya manusia yang kreatif agar dapat menghasilkan berbagai aplikasi berbasis pendidikan yang sesuai kebutuhan. Pendidikan berbasis digital kemudian dikembangkan oleh berbagai start up yang menghasilkan berbagai fitur pendidikan yang saat ini telah banyak dipergunakan oleh peserta didik dan pendidik di lembaga pendidikan. Maadi (2018, hlm. 750) menyatakan bahwa di perguruan tinggi mulai menerapkan digitalisasi dalam pembelajaran dimana pendidikan islam dan ekonomi syariah sangat bersinggungan langsung dengan kehidupan, sehingga proses digitalisasi melalui berbagai media sosial harus terus ditingkatkan. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah para mahasiswa dan dosen dalam mengakses pembelajaran secara daring.

            Penggunaan media digital tidak hanya berfokus pada pendidikan umum, akan tetapi merea sudah memasuki pasar pendidikan berbasis islami. Darmaningrat, dkk (2020, hlm. 11) memaparkan bahwa penerapan media digital dalam pembelajaran al-quran di sekolah menengah pertama dapat diperbaharui dengan menggunakan aplikasi khusus, sehinggal dalam hal ini peserta didik dapat berkolaborasi aktif dengan para pendidik dan orang tua di rumah. Selain itu Baharun & Finori (2019, hlm. 60) menyatakan bahwa di era digital para orangtua harus sangat mengawasi anak-anaknya dalam memanfaatkan teknologi dan informasi. Pendekatan untuk mendidik anak di masa sekarang ini dengan menggunakan smart  techno parenting sehingga para orang tua dirumah pun peka terhadap teknologi. Dengan begitu mereka dapat memantau anak-anak dalam penggunaan berbagai aplikasi. Dengan begitu banyaknya pembaharuan yang dilakukan dalam bidang pendidikan selama masa pandemi, banyak sekolah yang terus melanjutkan pembelajaran secara daring melalui berbagai aplikasi. Hal ini pun memberikan tantangan kepada setiap sekolah agar terus menghasilkan berbagai karya berbasis pendidikan. Meskipun saat ini pemerintah sudah mulai mengeluarkan kebijakan terkait adaptasi kehidupan baru, akan tetapi lembaga pendidikan menjadi aspek terakhir dalam proses adaptasi kehidupan. Wulandari (2020, hlm. 74) menyatakan bahwa pembukaan sekolah di masa pandemi ini menjadi salah satu yang sangat krusial, hal ini dilatarbelakangi oleh karakteristik para peserta didik yang beranekaragam, sehingga sekolah harus mempersiapkan secara matang segala fasilitas kesehatan yang memadai. Guru harus selalu mengapdate pengetahuan seputar Covid-19 agar dapat memotivasi dan mengingatkan para peserta didik agar senantiasa memperhatikan dan menjaga kesehatan. Dengan adanya perubahan tatanan kehidupan yang diakibatkan oleh wabah penyakit, setiap aspek kehidupan berupaya memberikan pelayanan yang terbaik dengan pemanfaatan teknologi. Wabah penyakit tidak hanya menimbulkan dampak yang negative, tetapi kehadiran penyakit tersebut mengubah pola pikir dan pola hidup masyarakat agar sejalan dengan perkembangan jaman.                           

Daftar pustaka

Bashori, Khoiruddin. (2018). Pendidikan Politik di Era Disrupsi. Sukma: Jurnal Pendidikan. Vol. 2, No. 2. Hlm. 287-310

            Solikhin, Akhmad & Riasti, K. Berliana. (2013). Pembangunan Sistem Informasi Inventarisasi Sekolah pada Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Berbasis Web. Indonesian Journal Networking and Security. Vol. 2, No. 2. Hlm. 50-58

            Nurhalimah, Siti. (2020). Covid-19 dan Hak Masyarakat atas Kesehatan. Jurnal Sosial & Budaya Syar’i. Vol. 7, No. 6. Hlm. 543-557

            Sampurno, B.T. Muchammad. Dkk. (2020). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat dan Pandemi Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya syar’i. Vol. 7, No. 6. Hlm. 529-542

            Khasanah, R.A.U. Dian. Dkk. (2020). Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal sinestesia. Vol. 10, No. 1. Hlm. 41-49

            Efendi, M. Neng. (2018). Revolusi Pembelajaran Berbasis Digital (Penggunaan Animasi Digital pada Start Up sebagai Metode Pembelajaran Siswa Belajar Aktif). Jurnal Pendidikan, Sosiologi dan Antropologi. Vol. 2, No. 2. Hlm. 173-182

            Darmaningrat, W.T. Eko. Dkk. (2020). Digitalisasi Konten Pembelajaran Pendidikan Al-Quran di SMP Islam Al-Azhar 13 Surabaya Menggunakan Aplikasi yukBlajar!. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 4, No. 1. Hlm. 8-14

            Baharun, Hasan & Finori, D. Febri. (2019). Smart Techno Parenting: Alternatif Pendidikan Anak pada Era Teknologi Digital. Jurnal Tatsqif. Vol. 17, No. 1. Hlm. 52-70

            Maadi, S. Alan. (2018). Digitalisasi Manajemen Pendidikan Islam dan Ekonomi Syariah di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Vol. 7, No. 1. Hlm. 741-760

            Wulandari, M. Indra. (2020). Peran Guru Terhadap Mengoptimalkan Unit Kesehatan Sekolah untuk Melakukan Pencegahan Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2, No. 1. Hlm. 71-77