Klik nomor untuk langsung menghubungi kami
Hubungi kami,klik disini
SMA BPI 1 BANDUNG
SMA BPI 1 BANDUNG

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMA BPI 1 BANDUNG

Dokumentasi

EKSTRAKULIKULER DOKUMENTASI SMA BPI 1 BANDUNG

TERDIRI DARI :

  1. SINEMATOGRAFI

Latar Belakang

      Sekolah adalah suatu lembaga pendidikan yang mempunyai gerbang utama untuk menuju kesuksesan. Adanya pendidikan yang berkualitas sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didiknya (Hurlock, 2004). Salah satu wadah pembinaan siswa di sekolah adanya kegiatan ekstrakurikuler.

      Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang terkoordinasi, terarah dan terpadu yang dilakukan bersama di sekolah sebagai kegiatan tambahan tetapi bukan merupakan kegiatan utama di sekolah. Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan diluar jam pelajaran tetap guna memperluas wawasan serta peningkatan dan penerapan nilai-nilai pengetahuan dan kemampuan dalam berbagai hal. Selain itu kegiatan ekstrakurikuler juga merupakan salah satu cara menampung dan mengembangkan potensi siswa yang tidak tersalurkan saat di sekolah.

      Teknologi informasi dan komunikasi di era globalisasi ini berkembang pesat dan perkembangan tersebut sangat bermanfaat bagi kegiatan manusia, salah satu di antaranya adalah sinematografi yang dapat digunakan untuk media pembelajaran dan pengembangan pendidikan di sekolah. Ekstrakulikuler sinematografi membahas tentang ilu teknik pengambilan gambar, biasanya hanya untuk menambah wawasan tentang dunia broadcast, dan siswa biasanya mengikuti ekskul sinematografi hanya sekedar untuk mencari hiburan, karena dalam ekskul sinematografi lebih membahas tentang dunia perfilman yang membuat siswa lebih tertarik untuk mengikutinya.

Tujuan Kegiatan

Kegiatan Ekskul Sinematografi ini bertujuan agar :

    1. Siswa dapat menyalurkan  bakat dan  minat dalam  bidang  broadcast dan  menumbuhkan sikap dan karakter beriman dan bertakwa terhadap kebesaran Alloh SWT
    2. Siswa mendapat pendalaman  berbagai materi broadcast & perfilman yang tidak diajarkan  melalui kurikulum di sekolah.
    3. Siswa dipersiapkan untuk mengikuti perlombaan – perlombaan.
    4. Siswa dapat melakukan penelitian dalam bidang  broadcast dan perfilman  (optional).

Pertemuan Rutin

Dilaksanakan setiap hari Jumat, pukul 13.00 – 14.30 bertempat di SMA BPI 1 BANDUNG Bandung.

 

  1. MADING

 

Dalam proses pendidikan di sekolah ada kegiatan kurikuler, intrakurikuler, dan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler diadakan dalam rangka mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik dalam suatu instansi pendidikan di luar kegiatan kurikuler  dan intrakurikuler.

 

Di SMA BPI 1 Bandung memiliki beberapa ekstrakurikuler, salah satunya adalah ekstrakurikuler mading (majalah dinding),

 

Ekstrakurikuler ini diadakan untuk mengembangkan hobi siswa-siswi sesuai dengan minatnya dalam bidang jurnalistik. Untuk menunjang kegiatan ini diharapkan menjadi pedoman untuk kelancaran kegiatan ekstrakurikiler Mading kedepannya.

 

Pada dasarnya, era transformasi dan informasi yang melanda dunia dewasa ini telah memacu manusia untuk menggali dan mengembangkan segala potensi hidupnya yang semakin kompetitif.

 

Upaya penggalian dan pengembangan potensi (sumber daya manusia) ini ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan masa sekarang dan mengantisipasi secara preventif kebutuhan-kebutuhan di masa depan.

 

Dalam konteks ini, keberadaan era reformasi tidak dapat dilepaskan dari kehadiran media atau saluran informasi, bahkan hal itu merupakan hal yang sangat substansial sehingga sangatlah wajar apabila ada ungkapan mengatakan “Agar mampu menguasai dunia, kuasai dulu saluran informasinya”.

 

Untuk memenuhi keperluan tersebut, sebagai langkan awalnya maka di sekolah-sekolah diadakannya ekstrakurikuler Majalah Dinding (Mading). Mading adalah sebuah media komunikasi dan informasi diantara pelajar dalam sebuah lingkungan sekolah. Dalam pelaksanaan dan pengelolaan mading tentulah dibutuhkan berbagai macam sarana dan prasarana yang mendukung baik materi maupun non materi.

 

 

 

 

 

 

 

Tujuan dan manfaat dari ekstrakurikuler majalah dinding (Mading) antara lain:

1.    Mengembangkan potensi siswa

2.    Sebagai sarana rekreasi

3.    Menambah wawasan dalam ilmu pengetahuan

4.    Lebih mengenal orang lain

5.    Lebih mempererat tali persaudaraan khususnya bagi anggota mading

6.    Mengembangkan kreativitas siswa

7.    Mengasah kepekaan sosiial

8.    Sebagai modal dasar untuk menjadi seorang jurnalis

9.    Memberikan pemahaman yang lebih komperensif mengenai ruang lingkup jurnalistik

       terhadap anggota

10.  Mempraktikan pengetahuan jurnalistik yang telah dipelajari dalam media sebenarnya

11.  Menyadari betapa pentingnya sarana informasi

 

 

PROGRAM KERJA                  

 

1. Membimbing anggota mading dalam penerbitan mading

2. Membimbing penerbitan mading kelas

3. Membimbing anggota mading khususnya dan siswa SMA BPI 1 umumnya dalam     pembuatan    karya tulis (artikel)

 

           

PELAKSANAAN KEGIATAN

 

Hari                 : Selasa

Waktu              : 15.15 – 17.00 WIB

Tempat            : Ruang Kelas

 

 

  1. MEDKOM

Medkom merupakan Media Komunikasi SMA BPI 1 Bandung yang mana ekskul ini meliput segala kegiatan yang ada di sekolah maupun diluar sekolah dan dikemas menjadi sebuah majalah sekolah. Medkom terbit 3 kali dalam 1 tahun. Setiap anak akan mendapatkan 1 majalah per anak. Ekskul ini mengasah siswa untuk dapat menjadi wartawan atau jurnalis.