SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMA BPI 1 BANDUNG

STEM

Dalam rangka mengisi Abad 21 dan MEA, teknologi menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa terhindarkan dari seluruh aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari. Begitupun dalam dunia pendidikan tekhnologi menjadi alat bantu untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan.

Peranan Tenaga Kependidikan dalam melaksanakan pembelajaran dituntut untuk memberikan bekal yang cukup pada peserta didik di abad 21 dan MEA. Bekal minimal yang harus dipunyai peserta didik supaya bisa survive, yaitu dengan penguasaan keterampilan Berpikir kritis, Berpikir kreatif, Komunikatif, Kolaboratif dan Literasi Teknologi dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi.

Untuk mencapai tuntutan tersebut SMA BPI 1 menerapkan pendidikan STEM (SIENCE TECNONOLOGI ENGINERING MATEMATIK) dalam Pelaksanaan Pembelajarannya yang dikelola secara khusus oleh Satgas STEM yang terdiri dari Drs. Asep Sukarman MMPd, Drs. Ade Rachman, Drs. Sugeng Trigunadi, Cucu Hidayat, SPd dan Bambang Setiaji, SPd. Workshop STEM yang dipandu langsung oleh Nara Sumber dari Qitep in Science dilaksanakan dalam upaya peningkatan profesional pendidik dan tenaga kependidikan serta menyiapkan bahan kajian materi apa yang perlu disiapkan dalam penidikan STEM di kelas.

Kurikulum STEM merupakan kurikulum yang digunakan di Amerika dan banyak negara maju yang telah menggunakannya. Secara resmi di Indonesia melalui  Mendikbud akan memasukan Pendidikan STEM dalam Kurikulum di persekolahan, Kurikulum yang dimaksud adalah revisi dari Kurikulum Nasional tahun 2013.  Beberapa ciri pelaksaan pembelajaran STEM, yaitu:

1. Pembelajaran berbasis proyek dengan melibatkan mata pelajaran yang lain untuk berkolaborasi dalam melaksanakan kegiatan PBM

2. Mendesain dan membuat sebuah teknologi dari beberapa konsep mata pelajaran yang diajarkan di kelas (Sekolah).

3. Berbasis pemecahan masalah dan kolaborasi enjenering dalam suatu pembelajaran

Kedudukan Pendidikan STEM di SMA BPI 1 sebagai bagian dari Pengembangan atau Suplemen dari Kurikulum Nasional tahun 2013 yang pelaksanaannya dilakukan di dalam pembelajaran keseharian dengan berlandaskan pada PP 19 no. 2005 tentang SNP, Permendikbud tentang Standar Isi, Proses, Kompetensi Lulusan, Pengelolaan, Penilaian, Sanpras, KTSP MA BPI 1 dan Program Kerjanya.

SMA BPI 1 secara resmi melaksanakan pendidikan STEM dimulai pada Semester genap tahun pembelajaran 2016/2017 dengan beberapa Mata pelajaran sebagai pemegang kendali proyek yang berkolaborasi dengan mata pelajaran yang lain. Ibu Dra. Hj. Deti Sudiarti selaku Kepala Sekolah SMA BPI 1 mengambil kebijakan untuk pelaksanaan STEM di SMA BPI 1 tidak hanya dilaksanakan oleh Mata Pelajaran Kelompok IPA saja, tetapi semua mata pelajaran harus mengadaptasi dengan pendidikan STEM. Kebijakan ini disambut baik oleh Bapak/ Ibu guru pengajar yang ingin melaksanakan pendidikan STEM, diantaranya yang sudah siap sebagai pemegang kendali, yaitu  Mata Pelajaran Fisika, Kimia, Bilogi, Matematika, Sejarah, Bhs. Sunda, Kewirausahaan (TIK). Sedangkan Mata pelajaran yang terlibat dalam kolaborasi adalah Matematika, Kimia, Fisika, TIK, Ekonomi dan Seni

Program STEM SMA BPI 1 untuk tahun ajaran 2016/2017 adalah sbb:

1. Mengikuti kegiatan Pelatihan/Seminar/Workshop dls yang dilaksanakan diluar BPI

2. Menyelenggarakan kegiatan  Desiminasi /Pelatihan/Seminar/Workshop dls dilingkungan BPI

3. Membuat Blog STEM SMA BPI 1 sebagai media informasi hasil pendidikan STEM

4. Menyelenggarakan pendidikan STEM di dalam kelas sebagai Suplemen/Pengembangan Kurikulum Nasional

5. Menyelenggarakan Studi Banding dengan sekolah yang telah melaksanakan STEM setingkat SMA

6. Menyelenggarakan Pameran Pendidikan STEM

Demikianlah perkenalan pendidikan STEM di SMA BPI 1, mudah-mudahan saja dalam pelaksanaan pendidikan STEM ini bisa berjalan sesuai dengan harapan dan visi misi Sekolah, sebagai Sekolah Digital.

 

“SELAMAT MELAKSANAKAN PENDIDIKAN STEM DI SMA BPI 1”

Photo photo pada kegiatan Workshop STEM di SMA BPI 1 Bandung

 

jasa pembuatan website murah